Senin, 16 Mei 2016

RIZA ALEXA CERITA UNIK DI BALIK LAGU

Bismillahirrahmaanirrahiim.. Assalamu 'alaikum wr. wb.

Perawakannya kurus dengan tinggi sedang dan senyuman khas. Sekilas memandangnya, tidak akan ada yang menyangka kalau cowok satu ini adalah penyanyi, pencipta lagu dan aktifis dunia per-ikan-an Indonesia. Dialah Riza Satriawan atau banyak yang mengenal dengan nama panggungnya Riza Alexa. Pria kelahiran 10 November 1992 ini dikenal dengan profesi Penyuluh Produk dan Pengolahan Perikanan di salah satu badan pemerintahan, namun gairah kesenian dan kreatifitasnya mendorongnya berkarya di bidang entertainment. Maka dengan gairah berkarya seperti itu lahirlah dua single yang menjadi jagoannya ; 'Malaikat Nyata' dan 'Cahaya Surga'.


Riza Alexa, kegiatannya di dunia per-ikan-an Indonesia tidak menyurutkan langkahnya untuk tetap berkarir di dunia Entertainment.

"Mengeksplorasi kelautan Indonesia sangat perlu, dengan cara syari'ah dan tentu disertai pengetahuan yang mumpuni." Ungkap Riza Alexa kepada redaktur. "Itulah yang selalu kita suluh kan kepada para pengemban dan pekerja dunia kelautan. Tanpa ilmu yang mumpuni niscaya hasil laut yang dimiliki Indonesia ini akan tidak bermanfaat bagi masyarakatnya."

Saat ini Riza memang sedang di percaya oleh pemerintah untuk menjadi Penyuluh Perikanan di salah satu lembaga perikanan pemerintah. Namun di waktu luangnya Riza terus berkarya dengan menciptakan lagu dan memproduserinya sendiri.

"Aku memang sejak kecil sudah narsis ingin tampil mengedepankan bakatku," Ungkap Riza lagi, "Bahkan beberapa orang mengusulkan kepada ke dua orang tuaku untuk memasukkan aku ke sanggar-sanggar kesenian yang ada. Tahun demi tahun berlalu akhirnya aku terdampar di STP (Sekolah Tinggi Perikanan) Pasar Minggu Jakarta Selatan. Nah disitulah aku menimba ilmu perikanan juga masih tetap menjadi senat Taruna nya dan bahkan dipercaya untuk mengelola kesenian dan rohani Islamnya sampai saat ini."

 
Bersama Taruna STP Pasar Minggu, menggerakkan gairah kesenian di kampus.


 "Walaupun hari telah malam, namun eksplorasi kesenian dan kedisiplinan harus terus di gairahkan agar para taruna menjadi taruna yang tangguh namun berjiwa seni yang mumpuni." Riza Juga sedang menggalak-an gairah kesenian khusunya Film dan Akting di STP Pasar Minggu yang merupakan Kampus almamaternya.


"Targetku enggak muluk-muluk," Lanjut Riza Alexa. "Aku ingin memberdayakan kemampuan entertaint yang ada di-diri aku dan menjadikan-nya sebuah warna baru di jagad musik Indonesia serta menjadikan diriku artis yang tidak hanya berkutat pada masalah-masalah sosial kemasyarakatan saja namun juga menajadi pendorong untuk masyarakat Indonesia mencintai kekayaan alamnya, utamanya kekayaan laut. Intinya aku ingin menjadi artis yang di kenal mencintai kekayaan laut dan masyarakat yang cinta pada kelautan Indonesia"

Untuk Pemirsa ketahui, semua lagu yang di produksi Riza Alexa adalah hasil Ciptaan Riza Alexa sendiri. "Aku merasa proses penciptaan lagu itu adalah sangat mengasik-kan dan mendorong imajinasi kita bekerja lebih sehat. Makanya aku selama ini getol menciptakan beberapa buah lagu, baik lagu religi maupun lagu yang umum pop biasa lainnya."

Untuk lagu 'Malaikat Nyata' ini adalah lagu yang khusus aku ciptakan untuk ibuku dan para ibu yang mencintai anak-anaknya. Mereka adalah malaikat-malaikat nyata buat kita, tidak perlu menunggu ke surga dahulu untuk bertemu, sebab di dunia Malaikat Nyata berwujud Ibu, sudah menemani kita sejak kita di dalam kandungan."

Berikut adalah cuplikan lagu "Cahaya Surga" ;