Senin, 09 Mei 2016

NOVI AYLA MERASA SENDIRI

Bismillahirrahmaanirrahiim.. Assalamu 'alaikum wr. wb.

Minggu, 8 May 2016, redaktur mengunjungi Studio Bang Ichal di kawasan Condet Pasar Minggu Jakarta Selatan. Dalam kunjungan itu redaktur CeritaSeleb.Top bertemu dengan si Cantik Novi Ayla yang saat itu tengah mengerjakan musik dasar untuk single terbaru 'Panggilan Tuhan' yang rencana akan di-'release' menjelang Idul Adha nanti.


Polos tanpa make up, Novi Ayla terlihat natural dan lebih keluar 'aura' kecantikan Indonesia nya.

"Memang ini masih jauh waktunya, sebelum Idul Adha tiba", ungkap Novi  Ayla ketika di klarifikasi mengenai waktu rilis single-nya menjelang Idhul Adha nanti. "Sebab lagu 'Panggilan Tuhan' ini aku ciptakan sendiri dalam waktu yang relatif singkat dan agak dadakan, Jadi aku berfikir kalau saat ini mau di 'release' menjelang Ramadhan tahun ini sudah nggak mungkin ke-kejar."


Dari balik kaca studio yang memisahkan mixer dan ruang kedap suara, Novi Ayla sedang melakukan pengambilan suara - Take Vocal - untuk lagu terbarunya 'Panggilan Tuhan'.


"Untuk single Novi Ayla yang akan segera launching yaitu 'Merasa Sendiri' Ciptaan Adibal Syahrul." Ungkap Novi lagi menjawab tentang single terbarunya yang akan segera launching. "Insya Allah minggu-minggu depan kita sudah akan membuat video klipnya untuk lagu 'Merasa Sendiri' itu."


Selalu bahagia dimanapun berada bersama ingatannya tentang kebesaran Allah, itulah resep hidup yang saat ini tengah dijalani Novi Ayla.

Mengenakan jilbab hitam dan dress motif bunga-bunga, Novi Ayla terlihat bahagia dan lebih ceria dibanding beberapa waktu sebelumnya. Hal itu mungkin juga disebabkan resep hidup yang dia warisi - disusun sendiri oleh Novi Ayla - dari seringnya berdialog dengan beberapa Ustadz ternama. Seperti beberapa hari lalu, Novi sempat berdialog dengan Ustadz Zacky Mirza atau lebih akrab disapa dengan Bang Zeck. Menurut Novi, hasil dialog dengan beberapa Ustadz itu membuatnya merangkum sendiri hasil dialognya, menjadi satu resep rahasia hidup bahagia penuh arti.


Berpose sejenak bersama Ratna Koin pencipta lagu yang dibwakan Tegar - 'Kau Yang Dulu Bukanlah Yang Sekarang, tidak ada salahnya bertukar fikiran dengan pencipta lagu yang lain, bersilaturrahmi membuat sinergi yang manfaat, yang penting itu semua harus dilakukan dengan ikhlas, tulus dan mengedepankan prasangka baik.

"Aku harus merasa selalu bahagia dimanapun berada karena aku tahu Allah Swt selalu bersamaku dan menyayangi serta mengasihi aku," Tutur Novi Ayla mengungkap rahasia resep hidupnya yang saat ini sedang dia terus jalani. "Ya memang hal itu tidak mudah karena dimanapun manusia hidup selalu ada masalah, cuma bagaimana kita bersikap terhadap cara kita mengatasi masalah itu lah yang menjadi fokus utama seharusnya semua orang. Jangan berfokus pada masalah, selalu aku katakan di dalam hati, fokuslah untuk menyelesaikan masalah. Dan setelah itu berbahagialah, karena kehidupan ini sudah dirancang Tuhan dengan sangat - sangat indah."


Novi senang berkarya lewat penciptaan lagu juga, bakat yang sudah lama dipendam baru beberapa tahun ini bisa di realisasikan.

"Oh, ya, beberapa hari lalu aku sempat juga bersilaturrahmi dengan Bang Zeck yang ketika aku datang sedang meluncurkan buku terbarunya, 'Manusia Setengah Ustadz'." Lanjut Novi lagi. "Itu buku bagus menurut aku, sebab di dalamnya menerangkan tentang kewajiban berdakwah walaupun diri kita belum sampai pada tingkatan yang layak disebut sebagai seorang ustadz atau ustadzah. Kewajiban itu adalah hak bagi setiap orang muslim yang harus ditunaikan semampunya."

"Mengenai proses penciptaan lagu-lagu karya aku sendiri, memang aku menciptakan lagu karena mendapatkan inspirasi dari kejadian-kejadian yang aku alami sendiri, juga lewat kejadian yang dialami oleh orang lain, lalu aku tuangkan ke dalam syair dan lagu." Lanjut Novi tentang proses penciptaan beberapa lagu hasil karyanya. "Ada beberapa lagu yang aku ciptakan sendiri yang sudah di buat musiknya beberapa waktu lalu, bahkan ada lagu yang sudah dinyanyikan oleh Mba Della Citra, yang berjudul, 'Jadikan Aku Halal Untukmu' (JAHU). Itu ciptaan aku di nyanyikan oleh Mba Della. Hehehehe.."


Hidup tenang dan bahagia adalah impian semua orang, oleh karenanya 'jawablah panggilan Allah' untuk kita. Ada 3 panggilan Allah kepada kita. Setiap hari Allah memanggil untuk Sholat lima waktu, ketika mampu secara ekonomi Allah memanggil untuk ber Haji atau ber Umroh, nah yang terakhir, siap nggak siap, Allah pasti memanggil untuk menghadap NYA selama-lamanya. Karenanya kita harus selalu siap untuk ketiga panggilan Allah itu. Itulah esensi dari lagu "Panggilan Tuhan".

"Sebenarnya ada lagi beberapa lagu ciptaanku, diantaranya 'Ibu', 'Sabar Dalam Diam', 'Jadikan Aku Halal Untukmu' dan juga 'Panggilan Tuhan' yang terakhir ini lah yang saat ini aku garap serius untuk rilis sebelum Idul Adha nanti. Doakan ya, Bang.. Hehehehe..." Senyum sumringah nya mengakhiri sesi wawancara sore itu. Di langit Jakarta, mendung mulai berganti dengan gerak matahari meninggalkan cakrawala, sayup-sayup terdengar suara azan maghrib memanggil - panggil.