Kamis, 26 Mei 2016

USTADZ JOKER TAMPIL MEMUKAU DI INI REOG TVRI

Bismillahirrahmaanirrahiim.. Assalamu 'alaikum wr. wb.

Rabu, 25 May 2016, Redaktur CeritaSeleb.Top mendapatkan kesempatan menemani Ustadz Lukman Sayadi, M Ag atau lebih populer dengan nama Ustadz Joker, ke TVRI Pusat Jakarta di bilangan Senayan. Sore itu Ustadz Joker didaulat menjadi Bintang Tamu di acara unggulan TVRI, yaitu Program INI REOG. Dalam Program yang berdurasi 48 menit ini, Ustadz Joker diminta untuk memberikan penjelasan tentang 'Siapa-siapa Saja Yang Layak Disebut Pemenang DI Bulan Ramadhan." Dan Inilah Cerita Foto Seleb Religi di acara Ini Reog TVRI.


Dengan gaya nya yang khas, Ustadz Joker, Lukman Sayadi, M Ag menjadi Bintang Tamu di Acara Unggulan Tvri, Ini Reog.


Saat Briefing materi, Ustadz Joker diminta membawa suasana santai, rileks dan menghibur sesuai dengan ciri khas karakter Ustadz Joker yang selalu membawakan tausiyah dibungkus Joke-joke ringan dan kekinian.


Berpose sejenak sebelum pengambilan gambar dimulai bersama Ayang Classy X Factor yang hari itu juga di undang menjadi artis tamu.

Ustadz Joker mengatakan bahwa, orang-orang yang layak merayakan hari kemenangan Idul Fitri adalah orang - orang yang mampu melewati proses pensucian diri dan proses ibadah ritual selama sebulan penuh yaitu pada bulan Ramadhan. 


Usatdz Joker disambut oleh para pengisi acara Ini Reog kali ini, diantaranya ada Surya, Budi Doremi dan Yeyen Lidya.

"Bulan Ramadhan adalah bulan nya Ummat Islam, sebab di bulan itu, Allah dengan kasih sayangnya memberikan kesempatan untuk mensucikan diri, kesempatan untuk memperbaharui Iman Islam, dan juga kesempatan memperbanyak amal kebajikan untuk sesama," Ungkap Ustadz Joker bersemangat. "Dan tak kalah pentingnya, di dalam bulan Ramadhan Allah memberikan bonus berupa datangnya malam Lailatul Qadar. Malam Penentuan, Malam Penuh kemuliaan, sebab pada malam itu, barang siapa beribadah dengan menghidupkan malam dan mengingat Allah sebanyak-banyaknya, maka nilai pahala nya lebih baik dari seribu bulan. Bayangkan.. Umur kita aja, rata-rata paling 'mentog' cuma 70 tahun kalau dihitung rata-rata dengan standart umur Rasulullah. Nah di Malam Lailatul Qadar, Allah memberikan pahalanya, nilainya, lebih baik dari 1000 bulan, berapa tahun tuh kira-kira ? kalau satu tahun aja ada 12 bulan, 1000 bulan kira-kira, 83 tahun. Itu Bonus namanya, bahasa Inggrisnya, Jack Pot.. Bonus Besar."

"Orang-orang yang layak disebut memperoleh kemenangan dan diberi julukan Minal 'Aidin Wal Fa Idzin, adalah orang-orang yang melewati proses ibadah, baik ritual individual maupun ritual sosial kemasyarakatan dan apalagi jika orang tersebut mendapatkan anugerah di malam lailatul qodar. Itulah mereka yang layak memperoleh kemenangan, Jadi mulai dari Terawehnya full, tidak bolong-bolong, Puasanya, Full tidak absen, Sholat lima waktunya, full tepat waktu, sedekahnya, rajin, tadarus Qur'an nya sehari satu juzz, silaturrahmi nya rajin, kepada orang tua dan sanak familly silaturrahmi disambung, lalu menjelang sepuluh hari terakhir pada malam-malam ganjil dia bersimpuh dihadapan Allah, berzikir, memohon ampunan, memperbanyak membaca Al Quran, Sholawat dan Muhasabah, lalu zakat fitrah-nya dikeluarkan untuk menyempurnakan ibadah puasanya, maka insya Allah, orang tersebut layak disebut Minal 'Aidin Wal Fa Idzin' Kembali bersih seperti baru dilahirkan oleh ibunya."

"Kalau kita kan, taraweh, boro-boro full.. Hari ke dua belas juga 'udah ada kemajuan', Jamaahnya mulai maju.. Tadinya satu masjid penuh sesak, mulai hari ke dua belas itu barisan shof nya maju. hari berikutnya tambah maju, dan ketika hari terakhir malam takbiran, jamah tinggal 8 orang, itupun bukan orang semua, satu Imam, satu bilal, dua makmum kakek-kakek lagi, empat lagi, tiang masjid." Ustadz Joker mengeluarkan jokenya yang membuat kita tertohok disambut gerr.. dari semua pengisi acara dan audiens yang hadir. 


Bersama Ayang Classy X Factor, Ustadz Joker menjelaskan tentang hal-hal yang perlu diperhatikan untuk meraih kemenangan di Bulan Suci Ramadhan. Suasana yang dibangun cukup menghibur namun tetap berisi.


Ustadz Joker menanggapi pertanyaan-pertanyaan dari co Host, Budi Doremi dengan senyuman dan joke-joke ciri khas nya.


Setelah mendapatkan pencerahan spiritual dari Ustadz Joker, Surya - host Ini Reog - menjadi sedih sebab teringat banyak Ramadhan dia lewati tapi tanpa makna yang syarat manfaat sehingga bisa disebut sebagai pemenang di akhir nya.


Di tengah-tengah dialog religius, Ayang Classy X Factor tampil membawakan lagu 'Alhamdulillah' Ciptaan Opick. Penampilan yang memukau baik dari sisi performa maupun kualitas bernyanyi, teknik vokal yang matang dan frashering -teknik pernafasan - yang mumpuni sebagai jebolan Ajang pencaraian bakat bergengsi di salah satu TV Swasta lainnya.


Di segmen akhir, Ustadz Joker menjawab beberapa pertanyaan tentu saja dengan Joke-joke terbaru-nya.


Dan jawaban Ustadz Joker lewat anekdot yang dikisahkannya, selalu membuat semua pengisi acara tertawa namun tetap tersentuh.


Bahkan Yeyen Lidya pun terpancing untuk menanggapi suasana sehingga menimbulkan gerrr. gerr yang baru.


Resiko program Variety yang basic story nya adalah kebebasan berimprovisasi, ketika satu pemain mulai terpancing dan meletupkan gerr yang baru, maka pemain lain pun ikut terpancing.


Budi Doremi, bereaksi menanggapi pancingan dari situasi komedi yang terjadi sehingga menimbulkan letupan gerr yang maksimal. Secara Konten pembahasan dan Tutur Bercerita, cara penyampaian dan teknik bertutur alur program, Ini Reog episode kali ini dirasa cukup mengena dan menghibur.


Di akhir program, Ustadz Joker menyimpulkan dan meninta, agar apa yang sudah di raih selama bulan ramadhan, dilanjutkan mendapatkan kemenangan di hari Idul Fitri, hendaknya kebaikan-kebaikan, kualitas ibadah, kualitas sedekah dan silaturrahminya, tetap dilanjutkan sampai bertemu Ramadhan tahun depan, Sebab itulah inti dari Pensucian diri selama 30 hari penuh di bulan Ramadhan yaitu untuk menjadi orang yang Takwa. "Jadi, kalau boleh di metaforakan, ketika sebelum Ramadhan, kita ini ibarat Ulat. Lalu ketika Ramadhan, kita mensucikan diri sebulan full, ibarat menjadi Kepompong, Nah saat Idul Fitri dan Setelahnya, hari-hari bahkan bulan-bulan setelah Ramadhan, jika kita tetap membawa perilaku kita selama bulan Ramadhan, tidak bergunjing, tidak bolong sholatnya, sedekah rajin, silaturrahmi makin baik.. Maka kita keluar dari Ramadhan menjadi orang yang Takwa, ibaratnya kita keluar dari kepompong menjadi kupu-kupu. Jadi dari Ulat, bermetamorfosis menjadi kepompong lalu keluar sebagai pemenang menjadi kupu-kupu yang indah." Demikian kesimpulan dari Ustadz Joker.


Usai acara, redaktur mengabadikan gambar Ustadz Joker bersama 
Ayang Classy X Factor dan Yeyen Lidya.